NIM : 2016 05004
Mata Kuliah : Mendesain dan Membangun Server
Kali ini saya akan membagi ilmu lagi mengenai apa itu QoS, Bandwith, dan tentunya praktik Etherape. Namun sebelum praktik Etherape saya terlebih dahulu menjelaskan mengenai QoS dan Bandwitha. Silahkan dibaca dan dipahami :-).
1. QoS ( Quality of Service)
Layanan ketujuh yang disediakan oleh Network Layer adalah QoS atau kualitas suatu layanan dilihat dari penyedia layanan bersangkutan. Artinya QoS merupakan sekumpulan teknik dan mekanisme yang menjamin performansi dari jaringan komputer (khususnya di internet) di dalam penyediaan layanan kepada aplikasi-aplikasi di dalam jaringan komputer. Salah satu layanan yang disediakan di dalam jaringan komputer, khususnya internet adalah layanan multimedia dalam bentuk audio, video, dokumen, teks, gambar. atau gabungannya.
QoS dilihat dan diukur dari sudut pandang penyedia layanan. Berbeda dengan QoE (Quality of Experience) di mana penilaian dilakukan dari sudut pandang pengguna. QoS berkaitan erat dengan data multimedia, layanan multimedia, dan real time multimedia. Untu itu, diperlukan adanya pemahaman mengenai protokol-protokol yang digunakan pada layanan multimedia di internet, teknik kompresi (yang menjadi poin utama multimedia di internet), serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas dari suatu layanan di internet.
2. Bandwith
Bandwith merupakan bagian dari empat karakteristik pada QoS. Karakteristik pada QoS ini meliputi Reliability, Delay, Jitter, dan Bandwith. Disini saya hanya menjelaskan Bandwith saja.
Bandwith didefinisikan sebagai lebar pita jaringan komputer yang menentukan kecepatan akses jaringan komputer. Seringkali di dalam kehidupan sehari-hari, misalkan pada iklan yang disediakan oleh penyedia layanan akses internet, menggunakan kata Bandwith untuk memikat calon pembeli. Bandwith memang sangat kental dengan jaringan komputer, terutama internet.
Bandwith kerap kali menjadi komoditi dari layanan akses internet bagi sebagian besar pengguna awam. Untuk itulah, perlu diperhatikan dengan baik perjanjian yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan akses internet terkait dengan Bandwith yang diberikan, termasuk dalam satuan bit atau Byte (keduanya berbeda). Bandwith yang besar akan memberikan QoS yang lebih baik.
3. Praktik Etherape di Linux
Setelah membahas mengenai QoS dan Bandwith maka selanjutnya yaitu praktik Etherape di Linux. Dimana Etherape adalah tools untuk memonitor jaringan dengan tampilan grafis. Tools ini dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan, mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan network (jaringan) secara grafis. Kita dapat memfilter traffic apa saja yang mau ditampilkan secara grafis. Dalam menjalankan aplikasi Etherape, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop yang di gunakan adalah OSLinux dan terhubung ke jaringan komputer (internet).
Baiklah langsung saja langkah-langkah dalam menginstall Etherape dan menjalankannya :
3.1 Yang pertama yaitu Install Etherape dengan cara ketik perintah sudo apt-get install etherape.
Ketik Yes lalu Enter.
Gambar Install Etherape
3.2 Setelah menginstall Etherape, ketik sudo etherape. Akan keluar
gambar seperti yang di bawah ini. Sebelum memulai jalankan aplikasi
etherape ini, buka web browser terlebih dahulu. Disini saya hanya
membuka google (dianjurkan untuk membuka satu situs agar terlihat
perbedaannya setelah menambah situs lainnya).
Gambar Etherape.
3.3 Bisa dilihat dari gambar tersebut akan muncul protokol-protokol
diantaranya yaitu, MDNS, Domain, HTTP, HTTPS, UDP-UNKN dan ICMP.
- Multicast DNS (mDNS) merupakan sebuah protokol yang menggunakan
antarmuka pemrograman aplikasi yang mirip dengan sistem DNS unicast tapi
diimplementasikan secara berbeda.
- Domain adalah nama unik (unique name) yang diberikan untuk
mengidentifikasi (to identified) nama server komputer seperti web server
atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
- HTTP (Hypertext Transfer ProtocoL) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk
sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
- HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre). HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman.
- UDP adalah kependekan dari User Datagram Protocol metupakan bagian dari
internet protocol. Dengan UDP, aplikasi komputer dapat mengirimkan pesan
kepada komputer lain dalam jaringan lain tanpa melakukan komunikasi
awal.
- ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang
bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang
memerlukan perhatian khusus.
3.4 Berikutnya baru tambahkan situsnya seperti facebook, blog,
twitter, edmodo, quipper school, youtube, yahoo, dan lain sebagainya.
Maka akan keluar capture seperti ini.
Gambar situs yang dibuka
Gambar etherape setelah ditambah situs
Referensi : Pratama, IPAE. Handbook Jaringan Komputer. Informatika. Bandung. 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar