NIM : 2016 050004
Mata Kuliah : K3 Umum
Dengan perkembangan internet dari waktu ke waktu serta kemampuan semua perangkat untuk dapat terhubung ke dalam internet, menjadikan munculnya salah satu dampak di dalam proses sosialisasi dan komunikasi antar pengguna komputer di seluruh dunia. Komunikasi tersebut diwadahi oleh sebuah media sosial dan membentuk jejaring sosial.
Nah, maka dari itulah disini saya akan membahas mengenai wadah dari komunikasi itu sendiri yakni media sosial dan membentuk jejaring sosial. Untuk lebih lanjutnya, silahkan dibaca dan dipahami.
A.
Social Media
(Sosial Media)
1)
Definisi Social Media
Banyak orang (khususnya pengguna
internet) di seluruh dunia, yang dengan mudahnya mengakses Social Media dari
beragam perangkat seperti komputer dekstop,komputer jinjing, hingga perangkat
smartphone. Akan tetapi, apakah kita sudah tahu apa itu Social Media? Apa saja
yang termasuk kategori jajaran ata Social Media? Untuk lebih jelasnya, disini
saya akan menguraikan definisi dan kategori dari Social Media.
Terdapat
beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai sosial media ini,
dan dapat disimpulkan bahwa sosial media adalah tempat di mana seseorang
(masyarakat zaman sekarang) memanfaatkan aplikasi berbasis web dan teknologi
mobile untuk menciptakan komunikasi ke dalam dialog yang bersifat interaktif.
Yang artinya dimana kita/Anda dapat menyalurkan/ menyebarkan informasi kepada
orang lain secara online.
Social Media telah mengubah paradigma media
sosial saat ini dengan media sosial di saat inernet belum tercipta atau belum
banyak digunakan. Pada masa sebelum
internet diciptakan, media sosial dijalankan secara statis menggunakan
televisi, radio, surat kabar, majalah, tabloid, dan media cetak lainnya yang
memanfaatkan kertas cetak dan gelombang elektronik. Sedangkan Social Media pada
zaman sekarang bersifat dinamis dan User Generated Content, yaitu kemampuan
pengguna untuk turut serta menambahkan konten secara aktif dan ikut
berpartisipasi di dalamnya.
2)
Dua
Puluh Tujuh Kategori Jajaran Atas Social Media
Perkembangan
teknologi dari waktu ke waktu menyebabkan semakin banyak social media yang
bermunculan dan bersaing memberikan layanan kepada para pengguna di dunia
internet. Hal ini disebabkan karena beragam tipikal pengguna, selera, dan
kebutuhan mereka.
2.1 Blog dan Micro Web
Layanan
ini sangat membantu para pengguna internet yang tidak memiliki teknis di dalam
pembuatan sebuah wesite (web), namun memerlukan adanya sebuah web untuk
keperluan mereka.
Sejumlah
Social Media kategori Blog dan Micro web yaitu :
Ø Wordpress
(www.wordpress.com),
Ø Typepad
(http://www.typepad.com/),
Ø Blogger
(www.blogger.com),
Ø B2Evolution
(http://b2evolution.net/),
Ø Scribefire
(http://www.scribefire.com/).
2.2 Wiki
Kategori
Wiki menyediakan layanan berupa media dokumentasi terorganisir dengan format
yang disebut dengan Wiki, untuk memudahkan di dalam berbagi informasi. Contoh
kategori Wiki seperti Wikipedia, Wikia, Wetpaint, PBWiki/PBWorks, Wikispaces,
dan Twiki.
2.3 Citizen Journalism
Portal
Contoh kategori Citizen Journalism Portal yaitu Digg,
Newsvine, dan Live Journal
2.4 Video Sharing
Contohnya yaitu Youtube, Metacafe, Viddler, Blip.TV, dan
Vimeo.
2.5 Picture Sharing
Contohnya : Flickr, ZoomR, Instagram, Smugmug, dan Digg.
2.6 Link Sharing
Contohnya : Del.icio.us, Digg, Technorati, Stumble Upon,
dan Reddit.
2.7 Music Sharing
Contohnya : Last.fm, Ilike, Pandora, dan Odeo.
2.8 Slideshow Sharing
Contohnya : Slideshare, Authorstream.
2.9 Product Feedback
Sharing
Contohnya : Crowd Strom, Style Hive, dan Get Satisfaction.
2.10 Forum
Contohnya : PHPBB, Vbulletin, Phorum, SMF, dan IPB.
2.11 Video Forun
Contohnya : Seesmic
2.12 Instans Messaging
Contohnya : Yahoo Messenger!, Windows Live Messenger, Meebo, AOL, dan Trilian.
2.13 Voice Over
Internet Protocol (VOIP)
Contohnya : Skype, Google Talk, Yahoo Messenger!, dan
JAJAH.
2.14 Social Networking
Contohnya : Orkut, Facebook, My Space, Bebo, HI5, dan
Mindtalk.
2.15 Niche Social
Networking
Contohnya : Linked In, Ning, dan Crowdvine.
2.16 Micro Publication
Contohnya : Twitter, Plurk, Identi.ca, Seesmic, Twitxr, dan
Tweetpeek.
2.17 Social Agregation
Contohnya : FriendFeed, Socializir, SocialThing!, dan
Lifestream.fm.
2.18 Livecast Hosting
Contohnya : Justin.tv, BlogTV, Ustream, dan Blogtalkradio.
2.19 Mobile Equivalent
Contohnya : Flixwagon, dan Livecast.
2.20 Virtual World
Contohnya : Second Life.
2.21 3D Chat
Contohnya : Habbo Hotel, dan IMVU.
2.22 Virtual Universe
Contohnya : Stardoll, dan Club Pinguin.
2.23 Social Gaming
Contohnya : Doof,.
2.24 Casual Gaming
Contohnya : Pogo, Bell, Congregate, Echo Genesis, dan High.
2.25 Social Network
Enable Game
Contohnya : Three Rings, dan SGN
2.26 Massively
Multiplayer Online (MMO)
Contohnya : Neopets, Gaia Online, Kart Rider, Drift City,
dan Mapple Story.
2.27 Massively
Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG)
Contohnya : World of Warcraft, Age of Conan, Entropia
Universe, The Lord of The Rings Online, EVE Online, Final Fantasy XL, City of
Heroes, City of Villains, dan Warhammers Online.
B.
Social
Networking
1)
Definisi Social Networking
Keberadaan Social Media dengan jumlah
pengguna internet sedunia beserta dengan relasinya masing-masing, menciptakan
sebuah jaringa (network) tersendiri. Sehingga hal inilah yang memunculkan suatu
istilah baru yang disebut dengan Social Network.
Social Network adalah jaringan yang
terbentuk antar pengguna pengguna komputer dan jaringan komputer yang terhubung
melalui bentuk interaksi satu sama lain, akibat adanya kesamaan hobi,
pemikiran, dan topik yang sama melalui media sosial yang diakses tersebut.
2)
Tujuh Buah Kategori Utama Social Network
2.1 Social
Connection
Kategori Social Connection ini dikhususkan
untuk melakukan koneksi dengan teman, keluarga , maupun berkenalan dengan
siapapun di internet.Contohnya : Facebook, Twitter, Google Plus, MySpace, dan
Mindtalk.
2.2 Multimedia
Sharing
Kategori Multimedia Sharing ini dikhususkan
untuk berbagi file-file multimedia.Contohnya : Youtube, Flickr, dan Picasa.
2.3 Professional
Kategori Professional ini dikhususkan untuk para pekerja dan professional
yang memiliki keahlian, minat, dan bidang kerja yang sama maupu berbeda, yang
dikelompokkan berdasarkan kelompok bidang kerja tersebut. Contohnya : Linkedln,
Classroom, Nurse Connect.
2.4
Informational
Kategori ini dikhususkan untuk saling
berbagi informasi kepada khalayak maupun sesama anggota pada komunitas di dalam
jejaring sosial dan media sosial kategori Informational ini. Contohnya : Super
Green Me, HGTV Discussion Forum, dan Do It Yourself Community.
2.5 Educational
Kategori ini dikhususkan untuk membantu
proses pendidikan atau pembelajaran di tingkat sekolah dan perguruan tinggi. Contohnya
: The Student Room, The Math Forum, dan EPAL School Blog.
2.6 Hobbies
Kategori ini dikhususkan untuk para
pengguna dengan hobi yang sama, untuk dapat berdiskusi dan berbagi. Contohnya :
Oh My Bloom, My Place at Scrapbook, Sport Shouting.
2.7 Academic
Kategori ini dikhususkan untuk tujuan
akademis, dengan membidik para pengguna dari kalangan akademisi dan peneliti. Contohnya
: Academia, Mendeley, Research Gate, Plum Analytics, My Open Archive, Scribd,
Tedx, dan Wordle.
C.
Perbedaan Mendasar Antara Social Media dan Social
Network
Setelah mempelajari tentang Social Media
dan Social Network, kita/Anda juga harus tahu mengenai perbedaan mendasar
diantaranya supaya memudahkan kita di dalam pemahaman dan untuk mencegah adanya
penyamaan maupun penyalahgunaan kedua istilah tersebut.
Berikut
adalah beberapa buah poin perbedaan mendasar antara Social Media dan Social
Network, yaitu :
Ø Social Media menjadi media untuk menciptakan koneksi
antar pengguna komputer dan jaringan komputer, sedangkan Social Network menjadi
alat yang memperkuat koneksi antar pengguna tersebut, melalui adanya beragam
topik, ketertarikan, fassion, minat pada satu atau beberapa hal yang sama.
Ø Di dalam komunikasinya, social media memiliki jenis
komunikasi satu arah saja, sedangkan social network memiliki jenis komunikasi
dua arah.
Ø Social Media membantu untuk menyediakan komunikasi
dengan para pengguna internet secara searah dan umum, sedangkan Social Network meningkatkan
komunikasi dengan para pengguna internet tersebut secara lebih mengkhusus pada
satu atau beberapa pengguna sesuai yang Anda pilih.
Ø Social Media menekankan pada status Anda saat ini,
sedangkan Social Network menekankan kepada peningkatan dari status Anda di
Social Media tersebut.
Ø Social Media lebih kepada sebuah media (wadah) untuk
membantu semua pengguna internet untuk dapat berbagi informasi, konten digital,
dan data ke seluruh pengguna internet. Sedangkan pada Social Network lebih
ditekankan pada hubungan melalui jejaring, dalam hal ini melalui koneksi
internet.
Ø Waktu respon di dalam Social Media tidaklah secepat
di dalam Social Network.
D.
Social Media
dan Social Network Anak Bangsa
Seperti
yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia selalu menempati urutan TOP 5 negara
yang penduduknya paling banyak di FB, Twitter dan beberapa sosial media
lainnya. Padahal, di Indonesia sendiri ada beberapa wadah sosial media yang
asli buatan anak lokal. Akan tetapi, karya anak bangsa tersebut masih belum
terexpose dengan baik, dan akhirnya masyarakat sendiri banyak yang idak tahu
tentang ini. Untuk itu, mari kita expose karya anak bangsa Indonesia, karena
secara tidak langsung kita mendukung meningkatkan bisnis lokal, lebih
bermanfaat bukan ? Mari kita bahas bersama mengenai sosial media dan sosial
network karya anak bangsa.
1)
Sebangsa
Gambar
Sebangsa
Sosial media asal Jogja yang dibuat pada tahun 2014 ini
adalah salah satu yang terkece di indonesia karena kontennya yang lokal. Selain
bisa melakukan update status dan upload foto seperti sosial media umumnya,
Sebangsa juga menyediakan fitur unik yang kontennya berbobot bagi pengguna jika
lagi dalam keadaan darurat. Contohnya fitur pesan panik yang bisa mengirim
pesan ke lima orang terdekat jika kita lagi dalam keadaan darurat.
Gambar Mindtalk
Mindtalk merupakan jejaring sosial buatan
anak bangsa yang menekankan pada minat yang sama. Di dalamnya disediakan
beragam jalur yang dapat kita/ Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera
masing-masing. Bahkan Anda dapat juga membuat sendiri Channel dan mengajak
teman-teman internet untuk bergabung di dalamnya. Hal lainnya lagi adalah
kemampuan untuk berbagi informasi, berita, gambar digital, hingga membuat catatan
online dan membagikannya, sebagaimana standarisasi fitur pada sebagian besar
jejaring sosial kategori Social Connection saat ini.
Gambar
Kaskus
Kaskus
adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan
penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999
oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini
dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta
pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga
orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus singkatan dari Kasak Kusuk,
bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga
saat ini.
Gambar
Buzzbuddies
Sosial media ini didirikan sejak 2014 oleh dua anak muda
Indonesia Andrew Susanto dan Willy Lim. BuzzBuddies adalah media sosial dengan
fitur yang mengutamakan perhubungan antara teman dan orang-orang yang memiliki
hobi atau minat yang sama. Seperti aplikasi sosial media lainnya, pengguna bisa
upload foto, update status, buat polling, dan masih banyak lainnya. Pencapaiannya
sendiri belum besar. Mereka baru memiliki kurang lebih 300 pengguna terdaftar
dalam layanannya dan 160 pengguna aktif setiap minggunya.
Perkembangan dari BuzzBuddies pun belum begitu besar.
Maka dari itu tim dari BuzzBuddies terus berupaya melakukan
pendekatan-pendekatan ke beberapa komunitas untuk mengetahui apa saja yang
dibutuh kan mereka dari BuzzBuddies dan meningkatkan BrandAwareness.
Gambar Fupei
Fupei singkatan
dari “Friend Uniting Program Especially Indonesia”. Fupei yang dibuat oleh seorang Teknopreneur,
Sanny Gaddafi, dibuat khusus bagi kita-kita anak asli Indonesia. Fupei memudahkan
pengguna untuk mencari teman tanpa ada
limitnya dan menemukan jurnal persahabatan. Selain itu, ada banyak fitur-fitur
keren buat ngeksis, seperti album foto, music, shoutbox, video, dan lainnya.
Gambar Kongkoow
Situs Kongkoow ini menyediakan akun e-mail, file sharing,
video streaming, dan blogging. Di Kongkoow, pengunjung juga bisa menikmati
berbagai macam hiburan, seperti game online, sampe fitur untuk download
K-Music.
Gambar Kwikku
Kwikku diciptakan oleh dua mahasiswa yakni Ifa Alif dan
Hamdi Musaad pada tahun 2013. Kwikku menyediakan fitur e-learning yang
memfasilitasi kelas online, mall kwikku, blogging, dan cloud computing.
Pengguna juga bisa update status, foto, video, catatan, dan lainnya. Kerennya
di Kwikku, bagi yang rajin update akan diberi penilaian seperti rating, like,
token, dan lainnya.
Smaboy dibuat oleh SMAN 1 Boyolangu, Jawa Tengah. Soal
tampilan memang Smaboy mirip dengan Facebook, bedanya tema warna Smaboy itu
hijau karena mempromosikan Green Life. Tetapi, jika melihat situs jejaring
sosialnya, patut diancungin jempol usaha
membuat fitur-fitur yang tidak kalah bagus seperti di FB. Contohnya ada fitur menulis
blog, upload lagu, buat forum, dan lainnya.
Gambar Paseban
Situs sosial media yang berbasis komunitas ini mengajak
pengguna untuk saling bersosialisasi. Tidak hanya itu, di Paseban menonjolkan
sisi edukasi dengan fitur untuk latihan pengerjaan soal-soal dan
artikel-artikel tentang pengetahuan. Ini tentunya berguna bagi para pelajar
Indonesia supaya makin cerdas, berwawasan luas, dan pastinya semakin disayang
sama orangtua.
Referensi :
Pratama, IPAE. Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung. 2014.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaskus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar