NIM : 2016 050004
Mata Kuliah : K3 Umum
Gambar Alur Ilustrasi untuk cara kerja sederhana sebuah Search Engine
(sumber:http://www.outoftheblue.net/blog/wp-content/uploads/2014/01/search1.jpg)
SEO ini merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Tidak asing lagi jika mendengar Search Engine (mesin pencari) yang dimana merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mencari informasi di dalam internet. Saat ini, keberadaan Search Engine sangat membantu sekali di dalam melakukan pencarian sebuah alamat website ataupun konten-konten digital dengan cepat dan mudah. Lalu apakah SEO tersebut ? Mari kita ulas lebih lanjut.
A. Definisi SEO
Seperti di tulisan saya yang diatas bahwa Search Engine (mesin pencari) merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk mencari informasi di dalam internet. Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) merupakan sekumpulan proses, cara, taktik, dan teknis di dalam mengoptimalkan halaman website agar dapat memperoleh peringkat atas pada hasil pencarian di mesin pencari. Jadi bayangkan saja, jika Anda memiliki sebuah toko online yang khusus menjual khas batik Sumbawa Barat, kemudian alamat website Anda muncul di urutan 5 besar pada hasil pencarian di Google, apabila pengguna komputer mengetikkan kata kunci khas batik Sumbawa Barat. Tentu Anda sangat menginginkan agar alamat toko online Anda tersebut ada di hasil pencarian teratas agar banyak yang mengunjungi toko online Anda.
1. Tujuan Search Engine Optimization (SEO)
- Meningkatkan trafik kunjungan ke website Anda, sehinggan menjadikan website Anda semakin terkenal di mata para pengunjung dan pengguna internet.
- Kunjungan ke halaman website Anda akan ramai jika diisi dengan beragam konten di dalamnya.
- Konten-konten di dalam website Anda (artikel) akan makin bermanfaat, sebab banyak yang membacanya, makin banyak yang membagikannya, makin banyak yang melakukan pencarian dan menemukan artikel.
- Company Name, memuat nama perusahaan dan profil.
- Page Name, memuat nama dari halaman yang ingin ditemukan oleh
- Title, bagian penting dari suatu konten, baik informasi, berita, dan lainnya.
- Description, menjelaskan deskripsi dari materi (konten) apa saja yang akan disajikan pada setiap halaman websote Anda, apa manfaatnya, apa tujuannya, dan bagaimana pengguna internet dapat memeperolehnya melalui akses internet maupun langsung.
- Content, meliputi konten apa saja yang dimuat di dalaman halaman website .
B. Panduan Untuk Menggunakan dan Menerapkan SEO
1. Panduan SEO Dasar (tahap awal)
Beberapa tips untuk panduan tahap awal di dalam menggunakan dan mengimplementasikan SEO :
- Pilihlah kata kunci yang tepat untuk judul dari artikel, website, blog, dan lain sebagainya dan pastikan kata kunci tersebut umum digunakan oleh pengguna internet. Seperi : tutorial, panduan, pemula.
- Kombinasikan dua buah kata kunci atau lebih ke dalam judul dari artikel, website, blog atau konten lainnya.Seperi : Linux, Server, E-Book, Instalasi ( Panduan Linux Untuk Pemula).
- Sertakan satu atau beberapa buah kata kunci tersebut pada Permalink, Meta Description, dan Heading dari artikel yang dibuat.
2. Panduan SEO Tahap Selanjutnya
Sebelum melakukap tahap ini, disarankan telah melakukan tahap awal aktif dalam menulis artikel dan aktif di dalam memperbarui halaman websitenya. Tips dalam tahap ini untuk menggunakan dan mengimplementasikan SEO :
C. Hubungan Antara Web Master, Search Engine, dan SEO
Ketiga bagian ini memiliki hubungan erat, di mana WEb Master ini menyediakan semua konten, kata kunci, informasi, data, penyediaan layanan pembuatan dan perbaikan di sisi aplikasi, penyediaan database dan back up di dalamnya, serta desain dan tatap muka aplikasi.
Pengguna internet pun cenderung akan menggunakan layanan pencarian dari mesin pencari (search engine) di dalama menemukan dan mempeeroleh refernsi mengenai toko online yang mampu memberikan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Disinilah, peran SEO dan Web Master, yang dampaknya adalah jumlah kunjungan yang meningkat pesat ke dalam website toko online tersebut beserta dengan proses transaksi di dalamnya.
D. Kaitan Antara SEO dan Bisnis Online
Para pebisnis online yang menjalankan E-Commerce dan E-Business menggunakan aplikasi dan layanan berbasis web, cenderung akan memanfaatkan SEO untuk dapat meraih kunjungan sebanyak-banyaknya dari para pengguna internet. Selain itu, para pebisnis online ini juga berupaya agar website mereka dapat berada di peringkat tertinggi di mesin pencari. Dengan begitu, maka akan semakin besar kemungkinan website dari E-Commerce atau E-Business dari pebisnis-pebisnis online tersebut dikunjungi oleh para pengguna internet. Itu sebabnya, kesuksesan di dalam SEO menjadi salah satu target utama para pebisnis online terhadap website yang dimiliknya, selain itu tentu saja melakukan proses Marketing berupa pemasangan iklan online, promosi pada sejumlah jejaring sosial dan media sosial, dan strategi-strategi lainnya.
- Gunakan kata-kata Anda sendiri. Ide boleh diambil dari orang lain namun sertakan sumbernya.
- Penggunaan kata jangan melebihi 300 buah kata agar tidak terlalu panjang. Hendaknya kalimat menjadi ringkas, padat, dan mudah dimengerti, serta menjadikan kalimat mudah untuk dicari pada pencarian di Search Engine.
- Penggunaan kata kunci pada artikel dan halaman website jangan melebihi 4 kali penggunaan.
- Penggunaan judul untuk halamanwebsite jangan melebihi 60-64 buah karakter.
C. Hubungan Antara Web Master, Search Engine, dan SEO
Ketiga bagian ini memiliki hubungan erat, di mana WEb Master ini menyediakan semua konten, kata kunci, informasi, data, penyediaan layanan pembuatan dan perbaikan di sisi aplikasi, penyediaan database dan back up di dalamnya, serta desain dan tatap muka aplikasi.
Pengguna internet pun cenderung akan menggunakan layanan pencarian dari mesin pencari (search engine) di dalama menemukan dan mempeeroleh refernsi mengenai toko online yang mampu memberikan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Disinilah, peran SEO dan Web Master, yang dampaknya adalah jumlah kunjungan yang meningkat pesat ke dalam website toko online tersebut beserta dengan proses transaksi di dalamnya.
D. Kaitan Antara SEO dan Bisnis Online
Para pebisnis online yang menjalankan E-Commerce dan E-Business menggunakan aplikasi dan layanan berbasis web, cenderung akan memanfaatkan SEO untuk dapat meraih kunjungan sebanyak-banyaknya dari para pengguna internet. Selain itu, para pebisnis online ini juga berupaya agar website mereka dapat berada di peringkat tertinggi di mesin pencari. Dengan begitu, maka akan semakin besar kemungkinan website dari E-Commerce atau E-Business dari pebisnis-pebisnis online tersebut dikunjungi oleh para pengguna internet. Itu sebabnya, kesuksesan di dalam SEO menjadi salah satu target utama para pebisnis online terhadap website yang dimiliknya, selain itu tentu saja melakukan proses Marketing berupa pemasangan iklan online, promosi pada sejumlah jejaring sosial dan media sosial, dan strategi-strategi lainnya.
Referensi :
Pratama, IPAE. Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung. 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar