Kamis, 01 Desember 2016

"PRAKTEK PERINTAH WHOIS & DIG DI LINUX"

Nama           : Emi Fitri Utami
NIM             : 2016 050004
Mata Kuliah : TCP/IP Statis dan Dinamis

Hai, kali ini penulis akan membahas mengenai praktek perintah dasar di linux. Perintah dasar yang akan dibahas yakni whois dan dig. Sebenarnya masih banyak perintah dasar di linux, seperti Adduser, Apt-cache, Apt-get, ping, cat, chmod, cp, df, find, hostname, kill, less, ls, man, more, mount, mv, nano, passwd, pwd, shutdown, su, sudo su, unzip, wget, which, zip, dan lain sebagainya. Sebelum melakukan praktik ini pastikan PC yang Anda gunakan sudah terhubung ke jaringan komputer (internet) dan PC tersebut menggunakan OS Linux.

Baiklah ini dia penjelasannya.

1. Praktek Perintah Whois di Linux
      Perintah Whois berfungsi untuk mengetahui informasi suatu website (domain) dan hosting yang telah teregister (terdaftar) secara sah. Informasi yang disajikan meliputi nama pemilik domain, tanggal berlaku, tanggal kadaluarsa (expired), dan lain-lain. Sejatinya perintah whois sama halnya dengan mengajukan pertanyaan tentang siapakah server atau komputer tujuan kita tersebut.

   1.1 Buka Terminal, lalu ketikkan perintah sudo su untuk menjadi rootnya dan masukkan password PC Anda.

Gambar Perintah Sudo Su

   1.2 Jika pada PC Anda belum terinstall whois, maka install terlebih dahulu. Dengan cara ketik perintah apt-get install whois.


Gambar Perintah apt-get install whois

   1.3 Setelah menginstall Whois, maka selanjutnya jalankan Whois yang telah terinstall tersebut. Formatnya : whois alamat-website. Misalkan : whois gmail.com.
         



Gambar Perintah & Informasi Whois gmail.com

         Penjelasan dari gambar di atas  yaitu bahwa terdapat banyak sekali informasi yang kita peroleh dari suatu website tersebut. Seperti pada penjelasan penulis sebelumnya, informasi yang disajikan meliputi :
            - Server name : GMAIL.COM.BR , GMAIL.COM.DEADKNIFERECORDS.COM , GMAIL.COM.MY ,  dan masih banyak lagi yang bisa Anda lihat pada gambar di atas mengenai server namenya.
           - Domain Name : gmail.com
           - Name Server (ada 4) : NS1.GOOGLE.COM , NS2.GOOGLE.COM , NS3.GOOGLE.COM , NS4.GOOGLE.COM.
          - Untuk Domain name : Creation Date ( 13-aug-1995) & expiration date (12-aug-2017).
          - Registrant Name : DNS Admin
          - Registrant City : Mountain View
          - Registrant Country : US
          - Admin Postal Code : 94043
          - Admin Phone : +1.6502530000
          - Tech Fax : +1.6506188571

      Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar di atas.

    1.4 Perintah whois emeraldbali.com

       Pada perintah ini, informasi yang di peroleh sama juga dengan informasi pada whois gmail.com tersebut. Akan tetapi, pada whois emeraldbali.com ini terdapat nama orang seperti pada Admin Email (ibnu.athoillah@gmail.com), Tech Name (ibnu athoillah), Registrant Name (ibnu athoillah), dan lain-lain. Ini disebabkan karena suatu perusahaan atau kampus ini masih dalam lingkup kecil. Sedangkan gmail, sudah dalam lingkup besar atau luas. 


Gambar Perintah & Informasi Whois Emeraldbali.com



2. Praktek Perintah Dig
          Perintah Dig berfungsi untuk melakukan pengecekan jalur (tracing) DNS (Domain Name System) server yang Anda gunakan maupun yang digunakan oleh komputer server, menampilkan alamat Internet Protocol (IP) Address dari komputer server, data dari semua Record dari NS (Name Server), SOA record, dan lainnya. Anda bisa memperdalam lagi tentang perintah dig dengan mengetikkan dig -h pada aplikasi Terminal di sistem operasi Linux Anda (untuk keluar ketik q).

    2.1 Perintah Dig ini tidak perlu dilakukan penginstallan, langsung saja ketik perintah dig nama domain (dig mayoraindah.com).

Gambar Perintah & Informasi dig mayoraindah.com

             Dari gambar di atas dapat kita peroleh informasi :
            - IP Address untuk mayoraindah.com : 52.0.7.30
            - Query Time : 4 msec
            - IP Server : 127.0.1.1#53(127.0.1.1)



Referensi : Pratama, IPAE. Handbook Jaringan Komputer. Informatika. Bandung. 2014.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar