Sabtu, 16 Juli 2016

Meringkas Sejarah Komputer

 Nama          : Emi Fitri Utami
NIM              : 2016 050004
Mata Kuliah : K3 Umum

A.  Pengertian Komputer


      Komputer berasal dari kata "to compute" yang berarti berhitung. Sehubungan dengan perkembangan zaman maka definisi komputer tidak hanya sebagai alat hitung tetapi menjadi alat pengolah data yang bekerja secara elektronik dengan kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi serta mampu mengerjakan berbagai proses data yang tersimpan dalam memori dengan keterlibatan manusia yang minimum. 

     Adapun komponen-komponen komputer yaitu :
  1. Hardware (perangkat keras). Seperti monitor, harddisk, keyboard.
  2. Software (perangkat lunak). Seperti sistem desain, program-program dan prosedur-prosedur.
  3. Brainware (tenaga pelaksana) adalah aspek manusia yang menangani pengolahan komputer                 maupun pengembangannya dengan menggunakan alat pikirannya. 

     Ada beberapa ciri pada suatu komputer yaitu : 
  • alat elektronik
  • dapat menerima input 
  • dapat mengolah data
  • menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
  • dapat menyimpan program dan hasil pengolahan 
  • memiliki kendali
  • dapat melakukan pemindahan data 
  • bekerja secara otomatis


B. Sejarah Komputer


   Jauh sebelum komputer diciptakan dengan tujuan awal untuk membantu manusia di dalam proses perhitungan, alat hitung manual sudah ada berupa Abacus (Sempoa) yang telah diciptakan beribu-ribu tahun yang lalu di China. Alat hitung ini digunakan  untuk pembelajaran berhitung dasar pada anak-anak.
 Di abad ke-19, dengan makin berkembangnya teknologi bangsa barat (Eropa dan Amerika Serikat) sebagai akibat dari Renaissance, diciptakanlah mesin komputasi Blaise Pascal (kalkulator numerik). Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) dan Augustu Ada (1815-1842) menciptakan mesin uap Babbage untuk melakukan perhitungan rumit differinsial.Di dalam mesin Babbage ini terdapat sejumlah intruksi mesin yang dibuat oleh Augustu Ada. Namanya kemudian diabadikan menjadi nama salah satu bahasa pemrograman, yaitu bahasa pemrograman Ada.
 Penemuan-penemuan lainnya turut mempengaruhi perkembangan komputer, yang diawal penciptaan lebih ditujukan untuk membantu proses komputasi(perhitungan). Antara lain Herman Hollerit(1860-1929)yang di tahun 1889 menciptakan kartu perforasi untuk perhitungan, Vannehar Bush (1890-1974) yang di tahun 1931 menciptakan kalkulator differensial, serta duet John V Atanasoff dan Clifford Berry yang di tahun 1903 berhasil menciptakan komputer elektronik untuk penerapan aljabar boolean.



C. Sejarah Perkembangan Komputer Tiap Generasi


  • Generasi Komputer Pertama (1941-1952)
             Komputer generasi pertama ini diawali dengan persaingan antara negara yang terlibat dalam Perang Dunia 2. Setiap negara tersebut (Afghanistan,Albania,Argentina, dan lain-lain) akan berusaha untuk memanfaatkan komputer semaksimal mungkin untuk tujuan memenangkan peperangan. Seperti, digunakan sebagai alat untuk mengendalikan pesawat terbang dan peluru kendali (Conrad Suze,insinyur Jerman tahun 1941), serta untuk memecahkan lode rahasia Jerman (Collosus).
           Setelah Perang Dunia 2, komputer tetap berkembang dengan adanya berbagai inovasi dari berbagai ilmuwan. Howard H Aiken (1900-1980) dari universitas Harvard menciptakan kalkulator elektronik US Navy bernama Marka 1. Selanjutnya John Presper Eckert (1919-1995) menciptakan komputer bernama ENIAC (Electronis Numerical Integrato and Computer). Selanjutnya, ENIAC digantikan oleh UNIVAC (Universal Automatic Computer 1) yang berperan dalam proses pemilihan umum tahun 1952 di Amerika Serikat. 
    Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama.  Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas.  Dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC. Pada komputer tersebut terdapat 17486 tabung hampa udara, 7200 dioda kristal, 1500 pemancar, 70000 resister, 100000 kapasitor, 5 juta sambungan solder tangan. Begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri yakni seluas 167 M2. Komputer ENIAC merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2,4 M dan lebar 0,9 M dan mengkonsumsi energi sebesar 160 KW (160000 Watt).

            Ciri khas komputer generasi pertama, yaitu :
         - Sirkuit menggunakan vacum tube atau tabung hampa udara.
         - Memerlukan daya listrik yang sangat besar.
         - Banyak memerlukan panas sehingga butuh alat pendingin yang banyak.
         - Prosesnya relatif lambat.
         - Ukuran fisik sangat besar sehingga memerlukan ruangan yang luas.
         - Proses dan kapasitas untuk menyimpan data kecil dan sangat terbatas sekali.
         - Program dibuat dalam bahasa mesin.
         - Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
         - Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

Gambar Komputer ENIAC dan teknisinya
(sumber: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4e/Eniac.jpg/785px-Eniac.jpg) 

  • Generasi Komputer Kedua (1952/1956-1958)
             Komputer generasi kedua ini, ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama. Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua.   Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: basic,collector dan emitter. Fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, Transistor mempunyai banyak keunggulan, seperti tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. 
           Komputer generasi kedua mulai relatif lebih hemat energi, lebih dapat diandalkan, dan lebih cepat performansi komputasinya. Komputer ini juga menggunakan bahasa pemrograman, seperti Common Business Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Pada komputer generasi kedua belum ditemuikan adanya sistem operasi. 
 
Gambar IBM Stretch 7030
(sumber: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/08/IBM7030_p1040280.jpg/464px-IBM7030_p1040280.jpg)
   
   Beberapa contoh komputer generasi kedua : IBM Serie 1400,NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
  • Generasi Komputer Ketiga (1958-1970)
           Pada komputer generasi ketiga ini, mulai ditemukan IC (Integrated Circulator) yang menggantikan fungsi transistor. IC mampu menekan panas yang dihasilkan oleh komputer, mampu mengintegrasikan komponen ke dalam satu chip, sehingga menjadikan ukuran komputer makin kecil dan relatif tidak cepat panas. 
          Sistem operasi komputer generasi ketiga ini mulai mampu menjalankan beberap[a tugas sekaligus , mampu melakukan monitoring terhadap memori yang digunakan. Contoh komputer generasi ketiga yaitu IBM S/360.

Gambar IBM S/360
(Sumber: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/af/DM_IBM_S360.jpg/800px-DM_IBM_S360.jpg)
  • Generasi Komputer Keempat (1970-1980)
            Generasi komputer keempat ini, ukuran sirkuit dan komponen elektronik komputer makin kecil namun dengan performansi yang semakin baik. Awalnya, mulai diciptakan Large Scale Integration (LSI), Very Large Scale Integration (VLSI) di tahun 1980, dan Ultra -Large Scale Integration (ULSI), yang masing-masing mampu meningkatkan jumlah komponen dalam chip hingga mencapai jutaan. 
       Duet Steve Job dan Steve Wozniak yang menciptakan Mac OS dan perusahaan Apple, menjadi pionir di dalam memasyrakatkan komputer pribadi sekaligus memulai industri komputer pribadi. 
        Hal lainnya adalah mulai adanya kemudahan di dalam pemakain komputer, seperti dengan tampilan GUI (Graphic User Interface) yang mudah digunakan, pemakain mouse, dan lain-lain.  Contoh komputer generasi keempat : AMD Athlon, dan komputer IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE,dsb.
           
Gambar Kompute Generasi Keempat
(Sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjObbXFc6wpQYsRZcWuQp6FGBD6Ciem2Vzb1OrhMrDqCPMkXgt21mXK-AnO9yuz295F67vv6FEQ5DnuZ3WoA6QnIfG05oQmdWaA3wYw2VPj6n_Ld6eM0yx7bheT5bDQZFoY54tt2p7bitbW/s1600/komputer+generasi+keempat.jpeg)
  • Generasi Komputer Kelima
             Ciri khas komputer generasi kelima, yaitu :
          - Implementasi kecerdasan buatan (Artifical Intelligence) pada komputer serta kemampuan untuk melakukan analisis, penentu keputusan, sensor, menyajikan virtualisasi 2D ke 3D, dan lain-lain.
         - Adanya pemrosesan suatu tugas secara paralel, yang melibatkan lebih dari satu komputer bahkan ratusan dan ribuan komputer dalam satu tempat maupun di berbagai tempat di seluruh dunia. Teknologi ini antara lain Grid Computing, Cluster Computing, Cloud Computing, dan lain-lain.
         - Superkonduktor yang lebih andal dan unit pemrosesan yang jauh lebih banyak.

Gambar Bagan untuk Smart Grid
(Sumber: http://www.smartgrid2030.com/wp-content/uploads/2009/10/SG-Nature.jpg)
  • Generasi Komputer Keenam (Masa Depan)
          Hal yang akan didukung oleh komputer generasi keenam adalah kemampuan komputer untuk mengurangi proses pembuatan baris kode program secara manual oleh manusia. Ini merupakan inovasi komputer masa depan, dimana komputer memiliki penerapan kecerdasan buatan untuk dapat memberikan perintah kepada dirinya sendiri dan menjalankan perintah tersebut dengan baik tanpa perlu banyak campur tangan manusia melalui barisan perintah pada sumber kode dari aplikasi yang dijalankan.
        Hal lainnya adalah penerapan model layanan PAAS (
Platform As A Service, menjadi pintu gerbang untuk menuju ke arah pengembangan model perangkat lunak bersama.
      Ciri utama komputer genarasi keenam, yaitu :
    - Lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
    - Komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia.
    - Kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang kan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.
   - Komputer masa depan akan lebih menakjubkan dengan model-model terbaru.
Gambar Raspberry Pi
(Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3d/RaspberryPi.jpg)





Video Komputer Masa Depan
(Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=HYhoyF7oSUo&feature=related)


D. Hardware dan Software

  1. Hardware (Perangkat Keras Komputer)
                Hardware adalah perangkat keras computer yang nampak secara fisik dan dapat di raba.
            Berdasarkan sifat dan kegunaannya perangkat keras computer (hardware computer) dapat dikelompokan menjadi 4 bagian :
           -Perangkat Input (alat yang digunakan untuk memasukan data untuk diolah oleh komputer). Seperti keyboard, mouse, scanner, joystick, gamepad, webcam,  tablet grafis, dan trackball.

Gambar Perangkat Input

           - Perangkat output (alat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses pengolahan pada CPU). Seperti printer, speaker, dan monitor.
                   
Gambar Perangkat output

          - Perangkat proses (alat yang digunakan untuk melakukan pengolahan data pada komputer). Seperti processor, motherboard, RAM, VGA,dan power supply.
                             
Gambar Perangkat proses

         - Perangkat penyimpanan (alat yang digunakan untuk menyimpan data hasil dari suatu pengolahan agar dapat kembali dibuka jika diperlukan). Seperti disket, optical disc, flashdisk, Hardisk drive.
                             
Gambar Perangkat penyimpanan


           2. Software (Perangkat Lunak Komputer)

                 Software adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan Software yang lain dan lebih mendasar (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lainlain.
                Macam-macam perangkat lunak, yaitu :
             - Perangkat lunak aplikasi : subkelas sebuah perangkat lunak komputer yang berguna dalam kemampuan komputer langsung agar dapat melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna.
             - Sistem operasi, misalnya Linux : suatu komponen pengolah piranti lunak dasar yang tersistem sebagai sumber daya perangkat keras komputer, serta ada layanan umum sebagai aplikasi perangkat lunak.
            - Alat pengembang perangkat lunak. Seperti kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal serta pemrograman tingkat rendah seperti bahasa rakitan.
            - Pengendali perangkat keras. Pemicu piranti merupakan sebuah istilah teknologi informasi yang mengacu pada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer sebagai komunikasi dengan perangkat keras.
            - Perangkat lunak menetap : sebuah istilah yang mengacu kepada rutin-rutin perangkat lunak yang disimpan di dalam memory hanya baca.
            - Perangkat lunak bebas dan perangkat lunak sumber terbuka : sebuah istilah yang mengarah pada perangkat lunak yang bebas untuk dipakai, dipelajari, serta diubah dan bisa disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau juga beberapa keharusan untuk memastikan bahwa dalam kebebasan yang sama tetap bisa dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya.
           - Perangkat lunak gratis : sebuah perangkat lunak komputer berhak cipta yang grtais dipakai tanpa ada batas waktu, beberapa dari shareware yang memiliki kewajiban untuk pengguna membayar.
          - Perangkat lunak uji coba
          -Perangkat lunak perusak : sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk menyusup atau merusak sistem komputer, jejaring komputer tanpa izin termaklum dari pemilik.



          
           

Referensi  
  1. www.ilmukomputer.com
  2. http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-komputer-generasi-pertama/ 
  3. Pratama, IPAE. Komputer dan Masyarakat. Informatika. Bandung. 2014.
                       
                      
                    

1 komentar: